Al-qur'an dan sebuah metode efektif dalam mentadabburinya





Al-Quran adalah sumber utama ajaran Islam dan panduan hidup umat Muslim. Dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah dan memahami petunjuk-Nya, sangat penting untuk secara aktif merenungkan makna Al-Quran. 

Salah satu cara yang efektif adalah dengan membuat catatan khusus atau jurnal Al-Quran. 

Mari kita telusuri mengapa journaling Al-Quran adalah suatu metode yang bermanfaat dan mengapa penting untuk memahami Al-Quran sesuai dengan pemahaman para sahabat Nabi

☆☆☆

Al-Quran adalah kitab suci yang memuat kata-kata langsung dari Allah SWT. Setiap ayat di dalamnya memiliki potensi untuk menginspirasi, menggugah hati, dan memberikan petunjuk. Melalui journaling Al-Quran, kita memiliki kesempatan untuk mencatat ayat-ayat yang paling menginspirasi kita. Ini bisa menjadi pendorong motivasi dalam kehidupan sehari-hari dan membantu kita untuk tetap terhubung dengan ajaran Allah.

Diantara tujuan utama Al-Quran adalah memberikan panduan tentang bagaimana kita harus menjalani kehidupan yang benar. 

Journaling Al-Quran memungkinkan kita untuk mencatat perintah-perintah Allah dan larangan-Nya. 

Dengan cara ini, kita dapat secara aktif berusaha untuk mempraktikkan ajaran-ajaran Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah langkah penting untuk membangun ketaatan kepada Allah.

Pemahaman Al-Quran yang benar adalah kunci untuk menjalani hidup sesuai dengan ajaran Islam. Para sahabat Nabi adalah contoh utama dalam pemahaman Al-Quran. 

Mereka adalah orang-orang yang hidup bersama Nabi Muhammad shallallahu Alaihi Wasallam dan langsung mendengarkan penjelasan beliau mengenai Al-Quran. Oleh karena itu, kita harus mengikuti pemahaman mereka dalam memahami kitab suci ini.

Journaling Al-Quran tidak hanya tentang mencatat ayat-ayat yang penting, tetapi juga tentang menulis pemikiran, refleksi, dan pertanyaan pribadi yang muncul saat kita membaca Al-Quran. Ini adalah kesempatan untuk berdialog dengan diri sendiri dan Allah, dan juga untuk mencari pemahaman yang lebih dalam.

Caranya adalah dengan membaca ayat-ayat alquran berikut dengan terjemahan dan tafsirannya.

Cukup fokus pada 10 ayat terlebih dahulu, gali dan maknai setiap kalimat-kalimat mulia yang terkandung di dalamnya, kemudian tulis intisari penting yang anda temukan di dalam sebuah catatan khusus (journaling).

Hal yang penting untuk ditulis adalah tentang poin-poin yang dapat anda segera aplikasikan dalam kehidupan anda, apakah itu dalam bentuk perintah, larangan, ataupun hikmah.

Lakukan secara konsisten, dan selalu nyatakan untuk mendapatkan keridhaan Allah Ta'ala. 

Melalui journaling Al-Quran, insyaa Allah kita akan dapat merasakan koneksi yang lebih mendalam dengan Allah. Setiap kali kita merenungkan ayat-ayat-Nya dan mencatatnya, kita sedang berusaha mendekatkan diri kepada-Nya. 

Mentadaburi Al-Quran melalui journaling adalah cara yang efektif untuk memahami dan menginternalisasi ajaran Allah. 

Penting untuk mempraktikkan perintah-Nya, menjauhi larangan-Nya, dan mengikuti pemahaman para sahabat Nabi. 

Dengan berkomunikasi secara pribadi melalui jurnal, kita dapat memperdalam koneksi spiritual kita dan merasakan berkah dari Al-Quran. Inilah langkah penting dalam perjalanan kita untuk menjadi hamba Allah yang lebih taat dan bijaksana.

Komentar