KARYA KE 2 BUKU: Skema Pembiayaan Inovatif untuk Pembangunan Indonesia


Seri buku terbaru yang berjudul "Skema Pembiayaan Inovatif untuk Pembangunan Indonesia" mengemuka melalui sinergi antara IIGF Institute dan Mata Garuda, sebagai sebuah platform yang melibatkan para alumni LPDP. Keberadaan seri ini, yang terdiri dari tiga buku yang mendalami skema pembiayaan inovatif untuk pembangunan, termasuk dana pensiun, dana filantropi, dan beragam skema inovatif lainnya, menciptakan momen yang sangat tepat di tengah upaya Indonesia untuk mempercepat pemerataan pembangunan infrastruktur berkualitas di seluruh negeri.

Buku ini mempersembahkan kontribusi yang signifikan dalam memperdalam pemahaman kita tentang cara menghadapi tantangan pembiayaan pembangunan di Tanah Air. Dalam upaya membangun fondasi keuangan negara yang lebih tangguh dan berkelanjutan, perlu adanya eksplorasi terhadap opsi-opsi kreatif dan inovatif. Kita perlu menggali potensi dari berbagai sumber pembiayaan, termasuk dana pensiun, dana filantropi, serta instrumen-instrumen inovatif seperti climate and sustainability funds.

Keberadaan seri buku ini bukan sekadar karya tulis, melainkan merupakan bukti nyata dari kontribusi berharga para alumni beasiswa LPDP dan lembaga think tank di bawah naungan BUMN Kemenkeu. Harapan kita, inisiatif ini mampu memicu diskusi yang lebih luas dan menghasilkan implementasi konkret untuk mendorong peningkatan ekosistem pembiayaan pembangunan infrastruktur yang inovatif dan beragam.

Saya yakin bahwa setiap langkah kecil dalam berkontribusi pada diskursus ini akan membawa dampak besar bagi pembangunan Indonesia. Mari bersama-sama terus berkarya, terus menggali ide-ide kreatif, dan terus menciptakan solusi inovatif. Semoga buku ini menjadi pendorong bagi semangat kolaborasi dan perubahan positif dalam upaya mencapai pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan untuk masa depan bangsa kita.

Selengkapnya dapat di akses pada link berikut: Buku Skema Pembiayaan Inovatif


Komentar