TIDAK MELAYANI PNP TRANSJAKARTA, MAKSUDNYA?




Teman2, pernah lihat tulisan di Busway Reguler Transjakarta tulisan "TIDAK MELAYANI PNP TRANSJAKARTA"? Penasaran gak maksudnya?


Jujur, sudah hampir 3 tahun di Jakarta, rasa penasaran saya terhadap tulisan "TIDAK MELAYANI PNP TRANSJAKARTA" belum juga terjawab.

Beberapa kali bus itu saya lihat baik di jalan raya maupun jalan tol melintas, saya merasa penasaran dan bertanya-tanya: "kenapa setiap bus yang punya tulisan itu tidak pernah membawa penumpang ya, apa mereka tidak rugi?"

Saya pun coba gugling mencari tau maksudnya apa. Namun, beberapa website bahkan media massa pun tidak saya temukan membahas makna tulisan tersebut.

Hingga suatu waktu, saat menaiki transjakarta, saya mencoba mendekati Pak Driver yang sedang serius mengoperasikan busway. Tanpa ragu saya bertanya:

"Pak, maaf, apa saya boleh bertanya?" Aku mulai pembicaraan sesantun mungkin.

"Ya, dengan senang hati, tanya apa Pak?" Balasnya dengan lembut.

"Pak, saya sering melihat bus Transjakarta dengan tulisan 'TIDAK MELAYANI PNP TRANSJAKARTA'. Maksudnya apa ya?" Tanyaku.

"Oh, itu maksudnya memang Bus tersebut sedang tidak membawa penumpang" Jawabnya simpel.

"Kenapa bisa begitu ya Pak?" Balasku masih penasaran.

"Ya bisa karena beberapa keadaan, seperti: bus yang perlu dibawa ke bengkel, waktu layanan bus telah berakhir, dan kondisi-kondisi lainnya yang menyebabkan bus tidak dapat mengangkut penumpang".

"Alhamdulillah, akhirnya, saya bisa tidur nyenyak malam ini (penasaran terjawab)" Ungkapku lega.

Itu dia teman-teman, yang penasaran dengan tulisan tersebut, sudah terjawab ya. Happy weekend!


Komentar