MEMBACA CEPAT? BISA!




Mau tau gimana caranya agar punya kemampuan membaca cepat gak, guys?

Beberapa trik membaca cepat yang efektif melibatkan fokus, eliminasi subvokal, dan latihan reguler. Coba praktikkan membaca tanpa mengucapkan kata-kata secara dalam hati dan latih mata untuk bergerak lebih cepat melalui teks. Pilih bahan bacaan yang sesuai tingkat kesulitan untuk meningkatkan kecepatan seiring waktu.

1. Fokus dan Konsentrasi

Mempertahankan fokus membantu meningkatkan kecepatan membaca. Hindari distraksi dan cari lingkungan yang tenang. 

Bahkan, kadang kita perlu membuat waktu dan tempat khusus untuk membaca. Dengannya, setiap masuk waktu tertentu, misalnya waktu 5.00 WIB, kita langsung meraih buku yang ingin dibaca.

Begitu pun dengan tempat. Misal, kita tetapkan kursi cokelat dengan meja panjang di depannya adalah tempat kita membaca, atau saat berkendara dengan transportasi umum, posisi berdiri sambil pegang buku.

Saya sendiri, mempraktekkan pengkhususan tempat itu dalam 1 tahun terakhir ini. Dan alhamdulillah cukup efektif! Saat menaiki kereta api menuju kantor, buku pun sudah siap untuk dibaca, tanpa sadar perjalanan ke stasiun tanah abang dari sudimara telah selesai. Ini menjadi habit yang sangat berguna. 

2. Eliminasi Subvokal

Hindari membaca kata-kata dalam hati secara berlebihan. Fokus pada pengertian teks daripada mengucapkan setiap kata. 

Cukup lirikan mata yang bekerja secara fisik. Selebihnya, biarkan otak yang mencerna makna demi makna substansi paragraf yang dibaca.

Sesekali coba praktikkan ini: 

Ketika sampai pada kalimat atau paragraf yang mengena di hati, buat garis bawah (underline), berhenti membaca, lihat ke atas dan bayangkan bagaimana otak sedang mencerna kalimat penting itu.

Lalu, ambil buku catatan, tulis intisarinya dengan bahasa yang disukai asalkan maknanya tidak hilang.

3. Penggunaan Jari atau Penunjuk

Gunakan jari atau penunjuk sebagai panduan saat membaca untuk membantu mata bergerak lebih cepat. Contoh praktiknya: Geser jari atau penunjuk secara perlahan melintasi baris teks saat membaca.

4. Latihan Membaca Berkecepatan:

Pilih bahan bacaan yang sesuai dengan tingkat kesulitan dan tingkatkan kompleksitas seiring waktu. Lakukan latihan membaca berkecepatan secara teratur. Contoh praktiknya: Tetapkan waktu khusus untuk latihan membaca cepat setiap hari.

5. Pemahaman Konteks

Fokus pada pemahaman konteks dan ide utama. Identifikasi informasi kunci tanpa harus membaca setiap kata. Contoh praktiknya: Baca judul, subjudul, dan paragraf pertama untuk mendapatkan gambaran umum sebelum membaca seluruh teks.

6. Skimming dan Scanning

Skimming untuk melihat garis besar teks, dan scanning untuk mencari informasi spesifik. Contoh praktiknya: Gunakan mata untuk melihat cepat seluruh halaman sebelum membaca secara rinci.

7. Mengurangi Regresi

Regresi adalah kembali ke kata atau frase sebelumnya. Usahakan untuk terus maju tanpa melihat kembali ke teks yang sudah dibaca. Contoh praktiknya: Jika merasa kebingungan, buat catatan singkat daripada kembali membaca.

Latihan dan kesabaran kunci untuk mengembangkan kecepatan membaca. Terapkan metode ini secara konsisten untuk melihat peningkatan seiring waktu. Semoga berhasil!

Komentar